Selasa, 15 Juni 2010

Sharing File.. Gratis Selamanya..

Semua pastinya sudah faham cara berbagi file di internet yang service-nya disediakan oleh buaanyuaak provider. Mulai dari Rapidshare, MegaUpload.. bahkan sampe ada yang punya server sendiri supaya bisa berbagi-pakai file lewat internet. Dari banyak provider tersebut, ada yang bayar dan ada juga yang gratis, pastinya pilih yang gratis doong..

Walaupun layanan share file banyak digunakan internet-ers untuk mencari uang, masalahnya layanan yang gratis biasanya waktu penyimpanan file cukup terbatas, misalnya hanya 1 bulan dan seterusnya. Kalo cuma buat share data temporary sih okeh aja, cuma kalo untuk keperluan dokumentasi yang diharapkan terus kekal selama tuh perusahaan penyedia space ngga bangkrut maka tipe share data yang punya limit waktu jadi ngga pas buat tujuan dokumentasi.

Nah, disinilah muncul solusi layanan Google Docs yang [pastinya] dikelola sama one of the biggest IT company in the world.

Sebagian dari kita sudah familiar dengan layanan Google Docs yang punya banyak kelebihan misalnya untuk mengembangkan dokumen yang membutuhkan kemampuan banyak orang dari tempat yang berbeda, etc. Tapi banyak juga yang kurang sadar bahwa Google membolehkan kita untuk meng-upload & store lalu share file apapun ke orang lain, bahkan dilengkapi dengan tingkat sekuritas file dan folder yang dinamis dan bisa kita atur sendiri.

Jadi tinggal upload file apapun ke account Google Docs anda, lalu share file tersebut ke orang terpilih atau kesiapapun yang punya link file anda... Gratis dan File akan tersedia selamanya*..
Kekurangannya adalah space yang tersedia "cuma" 1 Gb, kalo butuh lebih silahkan pertimbangkan opsi bayar [misalnya] sekitar 4 mangkok bakso per tahun ke Google untuk space tambahan 20 Gb.

Temen saya ada yang komplain, url untuk file di Google Docs puuanjaang banget..
trus saya jawab, eittts... sabar dulu bos.. Google juga udah mikirin itu, makanya Google buat layanan goo.gl untuk mempersingkat url ke dokumen atau layanan Google manapun. Contohnya begini :

URL original :

URL yang disingkat :

Nah... simple kan!
Untuk dapetin URL yang singkat itu bisa lewat link ini atau cuma butuh extension yg diinstall di browser chrome atau firefox.. [sorry untuk IE, lebih baik ganti browser :)]

So... pilih share file yang gratis dan bertahan selamanya.. atau gratis tapi daya tahan url-nya terbatas ?
Bagaimana menurut anda ? berani berkomentar ?

* selama Google ngga bangkrut atau ngga diblok atau ngga memaksa semua usernya harus bayar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar